MABIT berasal dari Bahasa Arab, yang artinya singgah atau bermalam. Dalam terminologi dakwah dan tarbiyah, MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya shalat tahajjud, dzikir, tadabbur, dan tafakkur).
MABIT adalah salah satu di antara sarana pendidikan Islam atau Tarbiyah Islamiyah dalam rangka membina jiwa seorang Muslim agar menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas secara intelektual (fikriyah), sehat secara jasmani (jasadiyah), tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual yang kuat kepada Allah SWT.
Sebagai bentuk pendidikan karakter keislaman, maka SMAIT At-Taufiq Bogor menyelenggarakan kegiatan MABIT, sebagai lanjutan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAIT AT-TAUFIQ yang diselenggarakan pada 18-20 Juli 2022.
Tujuan Kegiatan ini adalah membekali siwa siswi SMAIT At-Taufiq Bogor dalam hal keimanan dan ketaqwaan serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat pada umumnya.
MABIT merupakan salah satu kegiatan unggulan dari SMAIT At-Taufiq Bogor di mana siswa bermalam bersama siswa lainnya dan guru-gurunya untuk mempererat tali persaudaraaan, serta menumbuhkan iman dan taqwa siswa dan guru.
MABIT yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, dan XII SMAIT At-Taufiq Bogor, berisi aktivitas bermanfaat seperti murojaah, hafalan, kajian serta sholat malam bersama. MABIT tahun ini terasa sangat spesial karena merupakan yang pertama sejak masa pandemi Covid-19.
MABIT SMAIT AT-TAUFIQ Bogor Tahun 2022 diselenggarakan pada Jumat-Sabtu, 22-23 Juli 2022, bertempat di VILLA INSANI PUNCAK, Kampung Cidokom-Wates RT 001 RW 011, Kopo, Cisarua, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Tahun ini, MABIT SMAIT At-Taufiq Bogor mengambil tema: “Menumbuhkan Dua Cinta Mulia”. Dengan harapan siswa mampu memahami dan menerapkan beberapa LO (Learning Outcomes) atau hasil pembelajaran berikut:
Attitude
– Siswa terbiasa memulai aktivitas pagi dengan ibadah
– Siswa terbiasa melakukan 5S TTM kepada sesama teman dan kepada guru
– Siswa dapat disiplin terhadap waktu dan tugasnya
– Siswa berlatih kekompakan dan kerja sama
– Siswa memiliki sikap percaya diri
– Siswa dapat menghayati makna QS. Al Fatihah ketika sholat
– Siswa memiliki kecintaan dan motivasi yang kuat dalam berinteraksi dengan Al Qur’an
Skill
– Siswa terampil mengatur waktu
– Siswa mampu baris berbaris dengan baik
– Siswa mampu bekerja sama mengambil peran dalam kerjasama tim
– Siswa mampu menyatakan pendapatnya di depan umum
– Siswa terbiasa mengamalkan makna yang terkandung dalam QS. Al Fatihah
– Siswa mampu merealisasikan beberapa metode dalam menghafal Al Qur’an
Knowledge
– Siswa mengetahui dasar baris berbaris
– Siswa dapat menerapkan kegiatan tali-temali, semaphore, dan sandi dalam Gerakan Pramuka
– Siswa memahami makna/tafsir QS. Al Fatihah
– Siswa mengetahui beberapa metode dalam menghafalkan Al Qur’an
– Siswa memahami pentingnya berinteraksi dengan Al Qur’an